Gn. Merbabu (3.142 mdpl)

Gunung Merbabu merupakan gunung bertipe strato terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.142 mdpl pada puncak Kenteng Songo. Gunung Merbabu berasal dari kata “meru” yang berarti gunung dan “babu” yang berarti wanita. Gunung ini dikenal sebagai gunung tidur meskipun sebenarnya memiliki 5 buah kawah: kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo dan gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan terakhir meletus pada tahun 1797.

Terdapat 2 buah puncak yakni puncak Syarif (3119m) dan puncak Kenteng Songo (3142m). Puncak Gn.Merbabu dapat ditempuh dari Cunthel, Thekelan, (Kopeng / Salatiga) Wekas (Kaponan / Magelang) atau dari selo (Boyolali). Banyak terdapat gunung disekitar gunung Merbabu, diantaranya Gn. Merapi, Gn.Telomoyo, Gn.Ungaran. Gunung Merbabu ini membentuk garis deretan gunung berapi ke arah utara Merapi – Merbabu – Telomoyo – Ungaran.

Keindahan di Gunung Merbabu akan menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan.  PENBOX 2015 nanti akan melewati jalur Cunthel. Untuk mencapai puncak dari basecamp Cunthel akan melewati  4 Pos, yaitu Pos 1 – Watu Putut, Pos 2 – Kedongan, Pos 3 – Kergo Pasar, dan Pos 4 – Pemancar dan sebelum sampai  Pos 1 terdapat  dua pos bayangan. Di sepanjang perjalanan, pendaki akan dimanjakan dengan pemandangan-pemandangan yang begitu indah.  Terdapat banyak pohon pinus, backgorund hijau kombinasi biru, lautan awan, hamparan edelweis, dan pada malam hari akan melihat berjuta bintang terbentang di langit yang menakjubkan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s