INDONESIA SEBAGAI PARU-PARU DUNIA

SALAM LESTARI!!!

Seperti julukannya sebagai paru-paru dunia, karena luas hutannya, sekitar 40,8 juta hektar. Sayangnya laju deforestasi (penggundulan hutan) di Kalimantan makin cepat. Menurut data yang dikeluarkan Departemen Kehutanan, angka deforestasi di Kalimantan pada 2000 sampai dengan 2005 mencapai sekitar 1,23 juta hektare. Artinya sekitar 673 hektare hutan di Kalimantan mengalami deforestasi setiap harinya pada periode tersebut. Luas hutan di seluruh provinsi yang ada di Kalimantan mencapai sekitar 40,8 juta hektare. Sementara itu menurut Greenpeace, hutan di Kalimantan hanya tersisa 25,5 juta di tahun 2010.

Data yang dikeluarkan oleh State of the World’s Forests 2007 yang dikeluarkan The UN Food & Agriculture Organization (FAO), angka deforestasi Indonesia pada periode 2000-2005 adalah 1,8 juta hektar/tahun. Tingginya laju deforestasi hutan di Indonesia ini membuat Guiness Book of The Record menganugrahi Indonesia sebagai negara yang laju kerusakan hutannya tercepat di dunia. Sebuah prestasi yang tidak patut untuk dibanggakan.

Deforestasi di Indonesia disebabkan oleh industri kayu yang semakin mempersempit hutan alami. Pengalihan fungsi (konversi) hutan untuk perkebunan kelapa sawit juga memberikan kontribusi besar terhadap semakin derasnya laju deforestasi. Konversi hutan menjadi area perkebunan sawit telah merusak lebih dari 7 juta hektar hutan sampai pada tahun 1997.

 

Berkurangnya luasan dan kualitas hutan di Kalimantan menjadi ancaman serius bagi berbagai jenis satwa langka di Kalimantan, antara lain orangutan, bekantan, beruang madu dan berbagai jenis owa. Satwa langka itu kondisinya terjepit diantara menyempitnya hutan yang menjadi habitat mereka dan perburuan liar.

 

Adapiun berbagai macam aktivitas manusia yang harus merelakan lahan hutan dibabat seperti penebangan hutan, proyek transmigrasi, pembukaan lahan, sampai proyek pemukiman baru. Dengan baru-baru ini hutan Kalimantan mengalami bencana yakni kebakaran yang member dampak kepada penduduk Indonesia bahkan luar negeri, semua aktivitas sehari-hari terhambat, banyaknya jumlah penduduk yang terserang penyakit pernapasan seperti asma, tbc, paru-paru. Bahkan penebangan hutan yang dilakukan perusahaan asing untung membuat kertas dengan menghabiskan hutan beribu-ribu hektar pertahun

 

Adakah hatimu tergerak untuk perubahan kecil?

Bukan hanya pemerintah,mentri- mentri, pejabat,  dan  para pembisnis yang harus bertanggung jawab atas kerusakan hutan bro, melaikan para dimulai dari kalian yang berjiwa muda. Mulailah sadar hai para pemuda akan segala aktivitas yang dapat memberi dampak negative pada dunia terutama Indonesia seperti buang sampah sembarangan dimanapun itu bahkan di gunung, di tempat wisata, bahkan di sekitar.

GERAKKAN HATIMU TEMAN….

SALAM LESTARI!!!

OXY 35-365

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s